7 cara berbakti kepada orang Tua

7 cara berbakti kepada orang Tua

Hampir semua anak pasti bercita-cita untuk berbakti dan membahagiakan orangtuanya. tapi kenapa ketika sudah dewasa dan berkeluarga kadang kita dapati seorang anak yang tidak akur dengan orang tuanya atau bahkan ada anak yang membunuh orang tuanya, atau ada seorang anak yang berurusan di pengadilan dengan orang tuanya. Pada kesempatan kali ini penulis sedikit sharing tentang 7 cara berbakti kepada orang Tua.

Ketika kita masih kecil baik itu Di Taman Kanak-Kanak atau Sekolah dasar, saya yakin pasti kita sebagai muslim sangat hapal dengan doa  berikut

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, serta berilah rahmat kepada keduanya, sebagaimana mereka mendidikku di waktu kecil.”

berbakti-kepada-orang-tua

Banyak kisah kita temui seorang anak yang begitu menghormati orang tuanya ketika belum  berkeluarga namun Ketika anak kita menemukan jodohnya, dan mendapatkan wanita cantik yang berhasil merebut seluruh hatinya, tidak jarang orang yang pertama menjadi musuh si Anak adalah orang tuanya sendiri. Orang tua yang semula begitu mulia, mendadak terasa menjadi sangat cerewet, dan menjadi sumber masalah rumah tangga. Apalagi bila si anak (laki-laki) tidak berhasil menyatukan hati istrinya dengan ibundanya.

 Dan disisi lain coba kita perhatikan teman atau keluarga kita  yang merawat orang tuanya sampai wafat, kebanyakan di cintai Allah, hal itu tercermin dalam karir hidupnya di Dunia, dan mereka cenderung menjadi orang yang sukses.

 Mu’jizat Orang Tua, dapat kita temukan dalam sejarah hidup para sahabat.

 “Ketika ibu dari Iyas bin Muawiyah wafat, Iyas meneteskan air mata tanpa meratap, lalu beliau ditanya seorang sahabat tentang sebab tangisannya.”

 Jawabnya, *“Allah bukakan beberapa pintu untuk masuk surga, sekarang satu pintu ku telah ditutup.”* Begitulah, orangtua adalah pintu surga, bahkan pintu yang paling tengah di antara pintu-pintu yang lain.

 Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

*“ORANG TUA adalah PINTU SURGA YANG PALING TENGAH, terserah kamu, hendak kamu terlantarkan ia, atau kamu hendak menjaganya.”*(HR Tirmidzi)

 Dengan kata lain, sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih derajat yang tinggi adalah dengan mentaati orangtua dan menjaganya.”

Berikut beberapa tips dan cara untuk berbakti  kepada orang Tua :

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.(QS. Al-Israa: 23-24)

1. Berkata kepada orang Tua dengan perkataan yang lemah lembut

Selain Menjaga turur kata dan lisan dengan lemah lembut, jangan sampai menyakiti hati mereka karena terkadang orang tua sangat sensitive dan mudah tersinggung perasaannya

2. Bergaul Secara baik dan ma’ruf

Di dalam hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa memberi kegembiraan kepada seseorang mukmin termasuk shadaqah, lebih utama lagi kalau memberi kegembiraan kepada orang tua kita

3. membantu  orang tua secara ekonomi atau memberi Infaq.

Memberi atau membagikan sebagian rezeki kita kepada orang tua akan merupakan kebahagian sendiri bagi mereka, terlepas dari mereka cukup secara ekonomi atau tidak , mereka pasti akan sangat gembira menerima pemberian dari anak-anaknya

4. Memberikan doa untuk kedua orang Tua.

Salah satu doa kedua orang tua yang sangat mashur dan sebagian kita pasti hapal adalah doa berikut

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, serta berilah rahmat kepada keduanya, sebagaimana mereka mendidikku di waktu kecil.”

5. Merawat Mereka Saat Usia Semakin Renta
Pekerjaan ini sangat mulia dan membutuhkan kesabaran sebagai mana ketika kita masih kecil orang tua kita merawat kita dengan kesabaran ketelatenan

6. Menjaga Tali saliturahmi dengan Sahabat dan keluarga Orang Tua

7. Memberi Hadiah Kepada Orang Tua
Hadiah tidak haruslah yang mahal, namun yang penting dapat menyenangkan orang tua kita. Semisal untuk Ibu kita beri hadiah berupa jilbab yg syar’i, atau kepada bapak kita hadiahkan sebuah sarung yang bagus, semisal tatkala Alloh ‘Azza wa Jalla memberi kita kemudahan dalam hal rezeki yang berlebih. Betapa orang tua akan merasa dimuliakan anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA 0813 6767 6975 BasitDaftar FREEMEMBER