7 cara bayar pajak kendaraan bermotor PKB Online di Jakarta

Repot Bayar Pajak Kendaraan Bermotor, Sekarang di DKI Jakarta Bisa Lewat ATM

Untuk mempermudah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pemerintah provinsi DKI kita meluncurkan layanan pajak online ( E-Pajak). Layanan tersebut bisa di lihat atau akses melalui http://pajakonline.jakarta.go.id/login. selain itu layanan tersebut tersedia di Google Store untuk Smartphone yang berbasis Android. dan pembayaran pajak bisa melalui ATM. jadi bagi yang Repot Bayar Pajak Kendaraan Bermotor, Sekarang di DKI Jakarta Bisa Lewat ATM.

pkb-online

Berikut Bank dan Lembaga keuangan yang bekerja sama membayar PKB melalui E-pajak tersebut  Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BJB, Bank BTN, Bank BRI Syariah, Bank BCA, Bank Danamon, Bank Cimb Niaga, Bank MNC, Bank BII dan PT Pos Indonesia.

Jadi wajib pajak cukup bayar ke ATM nanti bukti pembayaran di bawa ke Samsatuntuk di cetak bukti pembayaran PKB.Ini lumayan memudahkan dan praktis ketika ke Samsat kita hanya membawa bukti pembayaran di ATM tanpa perlu membawa berkas pendukung lagi seperti  BPKB, STNK lama.

Bukti pembayaran ini sebenarnya cukup menjadi bukti pembayaran yang sah, tapi tetap di anjurkan untuk print pembayaran pajak yang sah. jadi kalaupun di tanya ketika razia ini nisa di tunjukan ke pihak polisi bahwa kita telah membayar pajak. Untuk print pengesahan pajak itu, sendiri bisa dilakukan di mobil keliling, gerai samsat di mal, kantor samsat kecamatan di lima wilayah kota.

Saat ini pembayaran pajak PKB online ini baru bisa support untuk yang tahunan ke depan akan di lakukan pada pajak 5 tahunan juga.

Berikut Prosedur untuk membayar pajak PKB melalui online

  1. Nama Rekening Wajib Pajak harus sesuai dengan nama pajak kendaraan yang di bayarnya
  2. Wajib Pajak dengan data kepemilikan kendaraan yang sesuai dengan data yang ada dalam server SAMSAT dan Data Nasabah di Bank. (NIK di KTP = NIK di SAMSAT)
  3. Kunjungi ATM lakukan pembayaran di E-Samsat
  4. Akan tampil menu pajak kendaraan bermotor di layar mesin ATM.Wajib pajak / pemohon memasukan Kode Nopol kendaraannya diawali dengan 4 digit angka dan dilanjutkan dengan memasukan konversi huruf (karena pada mesin ATM tidak ada entri Huruf)Contoh konversi huruf :
    A = 01
    Contoh :
    B 1234 BAD 1234 + B = 02, A = 01, D = 04
    Maka yang di entry pada layar ATM adalah :
    1234 02 01 04

    Petunjuk akan ditampilkan pada layar ATM
    B= 02
    C = 03
    D = 04
    E = 05
    F = 06
    Dst… s/d Z = 26

  5. Tunggu Verifikasi melalui ATM antara data pada kartu ATM dan data pada No kendaraan
  6. Jika data valid akan tampil data kendaraan yang dimaksud beserta jumlah besaran nominal PKB dan SWDKLLJ yang harus dibayar
  7. Jika WP setuju maka lanjut ke proses pembayaran dan ATM akan mencetak struk pembayaran

Demikan semoga bermanfaat dan tidak merasa repot lagi untuk pembayaran pajak kendaraan ber motor anda.

pkb1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA 0813 6767 6975 BasitDaftar FREEMEMBER