6 Waktu Mustajab saat Pintu Langit Di Buka

6 Waktu Mustajab saat Pintu Langit Di Buka

Sebagai manusia ,kita pasti menumakan masalah dalam hidup entah saat harapanyang  tak sesuai dengan kenyataan, saat diri kita merasa tak sanggup memikul beban atau ketika merasa doa tak kunjung dikabulkan seakan-akan semua pintu terkunci rapat, padahal sungguh pintu karunia Allah SWT tak akan pernah tertutup dan  terbuka selebar lebarnya , kita hanya perlu berharap pada Allah dengan segala kemurahan dan kasih sayang Nya hingga Allah membuka pintu-pintu langit yang seakan tiada jarak antara langait dan bumi agar doa kita semakin mudan dan segera sampai pada NYA.

Langit terdiri atas beberapa tingkatan pintu, dan jarak antara satu lapis langit dengan langit lainnya berjarak lima ratus tahun. Begitu jauhnya jarak antara satu langit dengan langit lainnya sehingga membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk melewatinya. Terdapat beberapa  keistimewaan ketika pintulangit terbuka, kapankah pintu-pintu tersebut akan terbuka?

waktu-mustajab-berdoa

Berikut beberapa  waktu istimewa dimana pintu langit terbuka, diantaranya :

1. Saat membaca doa iftitah

Doa iftitah merupakan doa yang pasti kita baca saat shalat,  Hal itu sebagaimana dalam hadits berikut : Lalu Rasulullah saw bersabda : ”Siapakah yang mengatakan kalimat ini dan itu”, lalu orang itu berkata, ’Saya wahai Rasulullah SAW.’ Beliau bersabda : ”Aku tertegun dengannya dan pintu-pintu langit pun terbuka”. ’ Ibnu Umar berkata ’Aku pun tidak pernah meninggalkan kalimat-kalimat itu sejak mendengar sabda Rasulullah. (Shahih Muslim)

2. Sebelum Dhuhur

Sebelum waktu dhuhur adalah waktu mustajab untuk berdoa, karena pada saat itu bersamaan dnegan terbukanya pintu-pintu langit.

Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Sesungguhnya pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup sebelum solat zuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagiKu adalah suatu kebaikan” (HR. At-Tahrib 584, sahih)

3. Ketika melaksanakan shalat sunnah qobliyah zhuhur

Sebelum shalat dhuhur, kita disunnahkan melaksanakan shalat sunnah qabliyah. Bersamaan pada waktu itu, pintu-pintu langit terbuka, sehingga sangat bagus untuk memanjatkan doa.

Rasulullah SAW Bersabda: “Empat rakaat sebelum zhuhur tanpa salam diantara rakaat rakaatnya maka terbukalah pintu-pintu langit.” (Shahih al Jami, 885)

4.  Saat adzan dikumandangkan

Waktu istimewa lainnya dimana pintu-pintu langit dibuka adalah saat adzan dikumandangkan.

Sesuai sabda Rasulullah SAW : ”Apabila seorang muadzin mengumandangkan adzan maka terbukalah pintu-pintu langit dan dikabulkanlah doa.” (shahih al Jami’ 803)

5.Ketika menanti dua shalat

Ada yang suka menanti waktu shalat, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut sangatlah disukai Allah.

Rasulullah SAW bersabda : “Bergembiralah kalian, Ini adalah Tuhan kalian sungguh Dia ALLAH SWT telah membuka satu pintu dari pintu – pintu langit dan membanggakan kalian dihadapan para malaikat dengan mengataka : “Kalian lihatlah hamba – hamba KU, mereka telah menyelesaikan suatu kewajibannya dan menanti kewajiban yang lainnya.” (ash Shaihah 661, sunan Ibnu Majah 850)

6. Di tengah malam

Tengah malam disaat orang memeluk selimutnya, Anda bisa bermunajat kepada Allah. Karena pada waktu tersebut sangat mustajab untuk berdoa,

 

hal itu berdasarkan sabda Rasulullah SAW : “Pintu pintu langit dibuka pada saat tengah malam lalu ada suara yang memanggil, Apakah ada orang yang berdoa? Lalu orang itu pun dikabulkan. Apakah ada orang yang meminta? Lalu orang itu pun diberikan. Apakah ada orang yang dalam kesulitan? Lalu orang itu pun dilapangkan.” (Shahih al Jami’ 376)

 

Setelah mengetahui Saat Pintu-Pintu Langi Di Buka tersebut, pastinya kita tidak perlu gundah gulana lagi, karena Rahmat Allah bisa tercurahkan dengan mudahnya asal kita mau berdoa dan memohon kepada NYA.

 

Semoga Bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA 0813 6767 6975 BasitDaftar FREEMEMBER