3 Olahraga Sunnah Rasulullah Dan Manfaatnya

3 Olahraga Sunnah Rasulullah Dan Manfaatnya

Rasullah SAW dalam sebuah hadits pernah memerintahkan kita untuk menekuni olahraga berkuda,memanah dan berenang.

Ternyata secara ilmiah olahraga tersebut sangat bagus bagi perkembangan fisik dan Mental kita.

berkuda-memanah-berenang

Sekarang mari kita menkaji ketiga olahraga tersebut , Berkuda,Berenang dan Memanah

1. Berkuda

Bila kita perhatikan postur kuda maka pada Bentuk bentuk tubuh belakangnya kuda (tempat untuk kita duduk),berfungsi sangat baik dalam  merawat segala hal yang berkaitan tulang belakang manusia. Saat kuda melompat  dan berlari  (Glopping) menyebabkan terjadinya pergerakan vetebra tulang belakang kita yang bersentuhan antara satu sama lain dalam kondisi harmonis, dan merangsang saraf-saraf tulang belakang seoerti di urut

Dan hal itu tidak bisa di lakukan oleh kegiatan atau olahraga apapun termasuk para pakar kesehatan pun tidak mampu membuat seperti gerakan alami tulang-tulang vebrata saat orang menunggang kuda.

Para penunggang kuda  biasanya bebas dari mengalami sakit punggung. Selain itu, olahraga berkuda juga dapat mencerahkan mata sebab ada rangsangan terhadap saraf-saraf kranial mata saat gerakan ‘galloping’ kuda.

2. BERENANG

Ketika kita berenang maka  secara psikis mental, fisik, segala otot sertya tulang rangka bergerak secara bersama untuk membuat satu gerakan yang terkoordinasi antara kedua kaki dan tangan kita, selain berenang juga merangsang stamina (sistem kardiovaskular).berena

Oleh karena itu ,Olahraga berenang merupakan suatu hobi yang sangat bermanfaat dan menyehatkan.Berenang juga memberikan kesempatan  untuk menguasai air dan menjadikan kita lebih berani. Sebab ketika orang berenang, dibutuhkan juga keberanian untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di dalam air.

3. MEMANAH

Olahraga memanah melatih sistem emosi  dan fokus untuk menempatkan ‘target’ pada satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, maka sudah dipastikan target kita terganggu, sudah pasti target akan mudah melenceng.

Secara tidak langsung olahraga memanah ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengendalikan emosi. Seseorang yang ketika olahraga ini tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabar bukanlah seorang pemanah yang baik. Maka sangat dianjurkan berlatih memanah sebagai olahraga terapi pengendalian emosi.

Memanah juga melatih keseimbangan tubuh. Pada saat menarik anak panah dibusurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik. Olahraga ini juga  membantu fokus dan konsentrasi dalam menyemai rasa tanggung jawab dan disiplin diri, meningkatkan percaya diri dan keyakinan pribadi.

memanah

#olahragasunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA 0813 6767 6975 BasitDaftar FREEMEMBER